ORGANISASI KOMPUTER DASAR
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki
instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung
ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
I. Komputer
Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang
secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut
menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan
menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah
tersebut dinamakan program komputer dan unit penyimpanannya adalah memori
komputer. Dalam bentuk yang paling sederhana komputer terdiri dari lima bagian
utama yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Unit-unit tersebut adalah:
masukan, memori, aritmetika dan logika, keluaran dan kontrol Unit masukan menerima informasi yang yang dikodekan
dari operator manusia lewat alat-alat elektromekanik seperti papan ketik pada
suatu terminal video, atau dari komputerkomputer lain lewat jalur komunikasi
digital. Informasi yang diterima dan disimpan dalam memori untuk dipergunakan
kelak, atau langsung diolah oleh rangkaian aritmetika dan logika untuk
melaksanakan operasi yang diinginkan. Langkah-langkah pengolahan ditentukan
oleh program yang disimpan dalam memori. Akhirnya hasil-hasil yang diperoleh
dikirimkan kembali keluar melalui unit keluaran. Seluruh kegiatan ini
dikoordinasi oleh unit kontrol.
1.2. Organisasi Komputer
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat
dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek
organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol. Arsitektur Komputer lebih
cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu
memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan
arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan
secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Perbedaan Utama Organisasi Komputer Bagian yang
terkait erat dengan unit–unit operasional
Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori,
sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol Arsitektur Komputer atribut–atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer.
Contoh: set
instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
1.3. Struktur dan Fungsi Utama Komputer
Struktur Komputer Komputer adalah sebuah sistem yang
berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar. Interaksi dengan dunia
luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi. Dalam buku
ini akan banyak dikaji seputar struktur internal komputer., terdapat empat
struktur utama:
Central
Processing Unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat
pengolahan fungsi – fungsi komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai
processor (prosesor) saja. Memori
Utama, berfungsi sebagai penyimpan data. I/O,
berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
System
Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O
Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi
masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari
masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
1. Input
Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi
sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh :
keyboard
2. Output
Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O
Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim
data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port
ini.
4. CPU
(Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua
bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat
pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori
internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access
Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara
waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan
berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data
Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul
dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran
hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran
menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada
suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan.
Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui
data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address
Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun
tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat
memori yang akan ditulis atau dibaca.
8. Control
Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan
serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur
paralel.
- Macam - Macam Perangkat Masukan (Input Device):
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang
digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta
melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard
disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
2. Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna
sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.
3. Joystick
Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk
memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.
4. Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan
sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi
gerakan.
5. Lightpen
Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan
untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)
6. Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi
hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data
objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada
layar monitor.
7. Barcode Reader
Barcode Reader adalah
perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data
8. Digitizer
Digitizer adalah
perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog
menjadi data digital
9. CD ROM / DVD ROM
CD ROM / DVD ROM adalah
perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan
data CD atau DVD.
- Macam - Macam Perangkat Keluaran (Output Device):
Monitor adalah sebuah
perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang
dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang
memakai komputer.
2. Printer
Printer adalah
perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti
gambar/foto, tulisan pada media kertas.
3. Speaker
Speaker adalah
perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa
suara dari komputer.
4. Projector
Projecetor adalah
perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik,
dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding
atau layar.
5. Network Card
Network Card adalah
perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer
server dengan komputer client.
6. Tv Tuner Card
Tv Tuner Card adalah
perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.
7. Modem
Modem
adalah perangkat
keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Modem
juga bisa sebagai media masukan ataupun keluaran.
Kesimpulan
Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang secara
cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut
menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer dan menghasilkan
keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah.
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat
dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian
atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
Struktur internal komputer meliputi: Central
Processing Unit(CPU),Memori Utama, I/O, Sistem Interkoneksi.
Struktur internal CPU meliputi: Control Unit,
Aritmetic And Logic Unit(ALU), Register, CPU Interkoneksi.
Fungsi dasar sistem komputer adalah Fungsi Operasi
Pengolahan Data, Penyimpanan Data, Fungsi Operasi Pemindahan Data Fungsi
Operasi Kontrol.
DAFTAR PUSTAKA
http://dwihardjoapriyanto.blogspot.com/2016/10/organisasi-komputer-dasar.html
http://joelyants.blogspot.com/2016/10/organisasi-komputer-dasar.htmlhttp://orkom.lecture.ub.ac.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar